Museum Prado Madrid : Keindahan Mahakarya Dunia Seni

April 23, 2021 By Baged

Para penikmat mahakarya seni pastinya mengenal dengan salah satu museum yang berada di negara Spanyol ini. Yups, Museum Prado atau Museo Del prado yang berada di kota Madrid ini merupakan markas dari mahakarya dunia dalam bidang seni. Museum yang dikenal sebagai salah satu galeri terbesar di dunia ini menyimpan banyak sekali koleksi berbagai mahakarya seniman kelas dunia. Mulai dari patung, lukisan, gambar dan berbagai karya seni lainnya dengan jumlahnya hingga ribuan bahkan lebih. Yuk kenal lebih dekat lagi dengan museum Prado Madrid.

Bangunan Dengan Arsitektur Mengagumkan

Sebagai salah satu galeri terbesar di dunia, tentunya bangunan ini memiliki arsitektur yang sangat mengesankan dengan gaya neoklasik. Arsitektur bangunan tersebut merupakan seorang arsitek kerajaan Juan de Villanueva atas perintah raja Spanyol Charles III pada tahun 1785 dan dibuka untuk umum pada tahun 1819. Museum yang memiliki tiga lantai ini juga terdapat taman minimalis dengan sejumlah bangku dan lampu klasik pada sisi sayapnya. Saat ini juga telah tersedia café, bookstore, dan tidak ketinggalan juga toko souvenir.

Mahakarya Lukisan di Museum Prado Madrid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di galeri terbesar yang ada di kota Madrid ini menyimpan ribuan bahkan lebih mahakarya dari para seniman ternama dari berbagai negara. Seperti Spanyol, German, Italia, Prancis, dan British. Yang paling terkenal dari museum ini adalah keberadaan lukisan dari para seniman dunia ternama berabad-abad lalu yang masih tersimpan dengan baik di museum ini. Lukisan yang bisa kalian jumpai dalam museum ini antara lain:

  • Abad ke-15 : Lukisan karya seniman Fra Angelico, Mantegna, Antonello da Messina dan Botticelli.
  • Abad ke-16 : Lukisan karya seniman Rogier Van Der Wayden, Hieronymous Bosch, El Greco, Mantegna, Raphael, Titian, Tintoretto, Valaquez, Rubens, Goya dan lainnya.
  • Abad ke-17 dan 18 : Lukisan karya seniman Luca Giordano, Corrado Giaquinto dan Giambatista Tiepolo.
  • Abad ke-19 : Lukisan karya seniman Madrazo, Vicente Lopez, Carlos de Hes, Rosales dan Sorolla.

Selain seniman – seniman ternama diatas, tentunya terdapat banyak sekali karya seniman lainnya yang tersimpan di galeri ini. Karena terdapat ribuan lukisan yang terpajang dalam museum yang nampak seperti istana ini.

Lukisan Koleksi Terbaik Museum Prado Madrid

Diantara ribuan lukisan yang ada di museum prodo, terdapat beberapa lukisan permanen terbaik,yaitu:

Karya Diego de Velazquez

Valazquez merupakan pelukis istana raja Felipe VI dan merupakan salah satu seniman terpenting pada masa keemasan Spanyol. Dengan karya lukisan yang diberi nama Las Meninas ini tentu saja para penghobi seniman tidak akan melewatkan untuk melihat lebih dalam dengan lukisan yang penuh makna ini.

Karya Francisco de Goya

Bisa dibilang museum prado memang didominasi oleh karya Francisco de Goya dimana dalam museum ini terdapat 150 lukisan dan 500 gambar karyanya. Karena Goya sendiri merupakan pelukis kerajaan dan lukisan religious. Goya memang terkenal dengan lukisan hitam.

Dimana lukisan tersebut merupakan penggambaran mimpi buruk yang digoreskan ke atas kanvas. Jika kalian berkunjung ke museum prado, kalian bisa menjumpai dua karya besarnya. Kalian bisa menjumpai  La Maja Vestida ( Maja yang berpakaian) dan La Maja Desnuda ( Maja tanpa berpakaian) yang diyakini sebagai kekasih Goya.

 Selain lukisan, tentunya terdapat banyak sekali mahakarya seniman dunia yang ada di museum Prada yang dapat kalian nikmati keindahannya. Untuk itu jika kalian berkesempatan mengunjungi kota Madrid untuk menyaksikan pertandingan bola, sebaiknya kalian sempatkan juga untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di kota ini, seperti museum Prado.

Post your Comments